Sekapur Sirih dari kesainta.blogspot.com

Selamat Datang di kesainta.blogspot.com, wahana kerinduan berziarah kedalam relung hati untuk merajut kata demi kata dari keheningan.

Sabtu, 27 Oktober 2012

ROMEO and JULIET Sebuah Legenda Cinta


Lukisan karya Frank Bernard Dicksee;ROMEO and JULIET
Lord Capulet seorang suami dengan istri  Lady Capulet di sebuah kota Verona, Italia, memiliki seorang putri sangat cantik bernama Juliet. Karena kecantikannya Count Paris seorang pengusaha  dan saudara Prince Escalus Pangeran Verona ingin menikahi Juliet. Namun karena usia Juliet ketika itu masih dianggap muda, berusia 13 tahun, Lord Capulet meminta pernikahan tersebut diundur sampai Juliet dianggap sudah dewasa. Lady Capulet dan The Nurse seorang pembantu Juliet menyarankan untuk menerima tawaran pernikahan tersebut, tetapi Lord Capulet meminta kepada Count Paris untuk meminang Juliet dua atau tiga tahun kemudian, untuk lebih meyakinkan Lord Capulet mengundang Count Paris untuk datang pada pesta dansa Capulet.
Di sisi lain, Romeo, putra keluarga Montague tergila-gila dengan Rosaline, salah satu keponakan Lord Capulet, karena demikian besar rasa cinta Romeo kepada Rosaline membuat Romeo termenung sepanjang hari, Benvolio sahabat Romeo menceritakan kemurungan Romeo tersebut kepada  Mercutio sepupu Romeo.  Atas desakan  Benvolio dan Mercutio kemudian Romeo nekad mendatangi  pesta dansa Capulet dengan tujuan dapat bertemu dengan Rosaline, secara tidak sengaja Romeo bertemu dengan Juliet sehingga  mereka berdua akhirnya saling jatuh cinta. Romeo mengendap-endap ke halaman Capulet dan tidak sengaja mendengar ucapan Julia di balkon yang menyatakan cintanya kepada Romeo meskipun keluarganya benci dengan Montague. Romeo lalu muncul di depan Julia, dan mereka setuju untuk menikah. Atas bantuan Friar Laurence, seorang bruder Fransiskan yang ingin keluarga Lord Capulet orang tua Juliet dan Montague orang tua Romeo melakukan rekonsiliasi melalui bersatunya anak-anak mereka, maka  Romeo dan Julia menikah secara rahasia pada hari selanjutnya.
Tybalt, sepupu Juliet mengetahui bahwa Romeo pernah menyusup masuk ke pesta dansa mereka. Ia menantang Romeo berkelahi, namun ditolak, karena merasa bahwa Tybalt adalah saudara iparnya. Mercutio merasa tersinggung dengan sikap Tybalt, dan mengajaknya bertarung atas nama Romeo. Pertarungan itu menyebabkan Mercutio terluka parah, dan hampir mati. Sehingga Romeo terpaksa membunuh Tybalt. Peristiwa pembunuhan itu membuat Pangeran Verona memberikan hukuman dengan mengusir Romeo dari Verona. . Romeo lalu diam-diam menghabiskan malam di kamar Juliet, dimana mereka menyelesaikan pernikahannya.
Dalam kesedihan yang menimpa Juliet, kemudian Lord Capulet setuju untuk menikahkan Juliet dengan Paris, dan mengancam untuk tidak mengakuinya sebagai anak jika Juliet menolak menikah dengan Paris. Juliet meminta pernikahan ditunda, namun ibunya menolak. Juliet lalu mengunjungi Friar Laurence untuk meminta bantuan, dan ia menawarkannya obat yang akan membuatnya seperti orang yang meninggal (tubuh dingin, tidak ada detak jantung, pucat) selama 42 jam. Friar berjanji untuk mengirim pesan mengenai rencana tersebut kepada Romeo, sehingga ia dapat bertemu dengan Juliet ketika ia sudah terbangun. Pada malam sebelum pernikahan, Juliet meminum obat, dan lalu dibaringkan di pemakaman keluarga setelah keluarganya menemukan Juliet "tewas".
L’ultimo bacio dato a Giulietta da Romeo karya Francesco Hayez
Namun, sang pembawa pesan tidak berhasil mencapai Romeo, dan Romeo mendengar informasi dari pelayannya Balthasar bahwa Julia meninggal. Patah hati, Romeo membeli racun dari The Apothecary, lalu pergi ke tempat Julia. Ia bertemu dengan Paris yang sedang melayat Julia, lalu Paris menyerangnya, tetapi kemudian Romeo berhasil membunuh Paris.
Masih mengira Juliet telah meninggal, kemudian Romeo meminum racun disisi Juliet yang masih terbaring, lalu Juliet terbangun dan melihat Romeo tewas di sampingnya, Juliet sangat terkejut, akhirnya Juliet menemukan sebuah belati di tangan Romeo, dan menggunakannya untuk membunuh dirinya.
Setelah medengar kisah cinta anak mereka dari  Friar Laurence, keluarga Capulet dan Montague lalu setuju mengakhiri permusuhan diantara mereka. Kisah cinta Romeo and Juliet yang berakhir tragis ternyata berhasil membuka mata kedua pihak keluarga tersebut.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar